Pages

Ads 468x60px

Kamis, 29 Desember 2011

KOARMATIM SEBAGAI BADAN PENDUKUNG PEMBANGUNAN NASIONAL DIBIDANG KELAUTAN

Berdirinya Armada Indonesia Timur (Armatim) merupakan markas TNI Angkatan Laut yang menjadi pangkalan militer laut terbesar di Asia Tenggara. Armada itu sebagai pertahanan kedaulatan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia serta untuk menguatkan wilayah Indonesia Timur. Armatim sudah 60 tahun mengabdi kepada negara dan bangsa.
Untuk menjaga kemampuan dan kesigapan, setiap tahun para prajurit melakukan latihan perang di laut maupun di darat. Para prajurit juga dibebani tugas patroli laut di wilayah Indonesia Timur.Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sudah seharusnya bangsa Indonesia juga memiliki armada laut yang besar dan canggih agar tidak secuil pun wilayah Ibu Pertiwi diganggu.
Berdasarkan rumusan tugas-tugas TNI AL pada tahun 2003, maka tugas Koarmatim difokuskan untuk dapat menunjang tugas-tugas TNI AL dengan penjabaran sebagai berikut:
1.         Memelihara dan menyiapkan SSAT sesuai skala prioritas agar dapat digerakkan sewaktu-waktu dalam satuan operasional.
2.         Memelihara dan memperkuat keamanan serta stabilitas yuridiksi perairan Indonesia dan mendukung kelancaran pembangunan Nasional dibidang kelautan.
3.         Melaksanakan upaya-upaya pencegahan, penangkalan dan penanggulangan ancaman serta kontinjensi.
4.         Menegakkan kedaulatan Negara dan Hukum di laut perairan Nasional Indonesia serta menegakkan hukum di laut Yuridiksi Nasional dan melindungi kepentingan nasional di dan atau lewat laut bersama-sama dengan komponen kekuatan Hannas lainnya.
5.         Membantu penyelenggaraan pembinaan potensi nasional dibidang maritim yang diarahkan sebagai kekuatan cadangan dan dukungan bagi operasi tempur laut.
6.         Menyelenggarakan kegiatan diplomasi Angkatan Laut untuk mendukung kebijaksanaan pemerintah dan mewujudkan cadangan kepentingan bangsa.
7.         Meningkatkan kehadiran dan intensitas unsur TNI AL/Koarmatim sebagai kekuatan penangkal yang handal sepanjang tahun.
8.         Memelihara kerja sama dengan Angkatan Laut negara sahabat khususnya negara ASEAN.
9.         Melaksanakan tugas-tugas SAR, bantuan terhadap korban bencana alam maupun akibat rawan pangan.
10.     Mengimplementasikan strategi partisipatif sentuhan sosial dan bantuan kemanusiaan si daerah terpencil/pulau terpencil.
Koarmatim sebagai armada pertahan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah perairan diharapkan dapat mengemban tugas tersebut dengan sebaik-baiknya. Karena wilayah kedaulatan sangat penting bagi sebuah negara. Tanpa adanya wilayah kedaulatan sebuah negara tidak dapat dikatakan sebagai negara yang merdeka. Wilayah kedaulatan juga harus dijaga dari para pengusik yang mencoba memasuki wilayah tersebut.
Disamping bertugas memelihara dan menjaga kedaulatan di wilayah perairan, Koarmatim juga diharapkan turut serta dalam usaha pembangunan nasional yang terarah pada pemberdayaan kelautan. Telah diketahui bahwa Indonesia adalah negara maritim yang sangat perlu pemajuan dalam bidang kelautan.



0 komentar:

Posting Komentar

Text